Wednesday, March 23, 2016

Aplikasi Pemutar Musik MP3 yang lebih bagus dari Winamp

Entah kenapa winamp yang biasa saya gunakan untuk memutar file MP3, terasa semakin berat. Hal ini bisa saya katakan karena entah kenapa setiap kali saya mencoba untuk memainkan file musik (MP3), winamp akan membutuhkan waktu beberapa detik untuk bisa terbuka. Tentu sebenarnya ini menjengkelkan (bagi saya) sebab idealnya aplikasi pemutar musik baik di ponsel maupun PC seharusnya sangatlah ringan dan bekerja ekstra cepat.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya saya sudah mencoba untuk uninstal dan menginstal kembali winamp di PC yang saya miliki. Namun hasilnya tetap saja, winamp di komputer yang saya miliki bekerja dengan lambat. Nah, sampai disini sebenarnya saya masih belum dapat memahami penyebab lambatnya winamp tersebut. Sepertinya sangat terkait dengan Winamp plugin atau minilyrics, tapi entahlah, daripada repot-repot memikirkan winamp, lebih baik kita memainkan file musik MP3 dengan aplikasi yang lain.

Aplikasi Pemutar Musik yang lebih Bagus dari Winamp
Ada banyak jenis aplikasi pemutar musik yang bagus. Tapi yang paling menarik perhatian saya adalah sebuah aplikasi pemutar musik bernama AIMP. Selain sangat ringan digunakan dan tentunya aplikasi gratis, aplikasi ini benar-benar sangat unggul, bahkan jauh dari sekedar pemutar musik biasa. Berikut ini adalah beberapa hal yang saya sukai dari aplikasi AIMP :

Tampilan Aplikasi AIMP Keren (Bagi saya)
Beberapa file musik biasanya memiliki gambar mini yang menyertai file musik tersebut (biasanya file MP3), namun untuk file-file musik yang tak bergambar, aplikasi AIMP ini memberikan tampilan gambar mini dengan warna-warna dan desain yang menarik.
Tampilan Gambar Mini

Selain itu, tampilan dari aplikasi ini juga sangat menarik. Kita bisa dengan mudah mengubah tampilan aplikasi ini, sebab sangat banyak tersedia skin-skin menarik yang bisa kita download di situsnya. berikut ini adalah tampilan skin yang paling saya sukai.

Tampilan Aplikasi AIMP3

Aplikasi AIMP Bisa digunakan Sebagai Audio Converter
Hal yang paling saya sukai dari aplikasi AIMP ini adalah dia bisa mengkonversi file musik dengan sangat mudah. Bahkan tidak hanya file audio, file-file seperti video pun bisa dengan mudah di konversi (diubah) menjadi file audio. Hanya saja, hanya video-video dengan format tertentu saja yang di support oleh aplikasi ini. Untuk mengubah File ke format audio, caranya sangat mudah, kita cukup klik kanan file yang ingin kita ubah menjadi audio kemudian pilih AIMP, dan pilih konversi ke format lain. Perhatikan saja gambar berikut ini.

Cara Konversi Ke Audio dengan AIMP3


Aplikasi AIMP Bisa digunakan Sebagai Tag Editor
Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit Tag dari file musik yang kita miliki. caranya cukup mudah, yaitu dengan klik kanan musik yang kita ingin edit Tag nya, kemudian klik File Info. Perhatikan gambar berikut ini.

Tag Editor aplikasi AIMP3

Berbeda dengan aplikasi pemutar musik lain (Biasanya mereka juga bisa edit Tag), aplikasi AIMP ini memiliki keunggulan karena dia bisa juga digunakan untuk mengedit Tag file musik secara serentak. Terkait dengan Tag file musik ini, sebenarnya saya juga pernah membahasnya pada artikel saya sebelumnya : Cara mengganti Gambar MP3 secara Serentak dengan Audishell

Tag Editor Aplikasi AIMP3

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melihat lirik (mengedit) yang dimiliki oleh sebuah file musik. lagu-lagu yang ada di komputer saya biasanya memiliki lirik yang sudah terembed di file musiknya (Lirik ini saya dapat dari aplikasi minilyrics).

Tampilan Lirik Lagu di AIMP3

Demikianlah artikel sederhana dari saya di hari ini. semoga artikel yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kalian para pengunjung blog ini. Jangan lupa juga untuk baca artikel-artikel berikut ini.

Baca Juga :
Load disqus comments

0 comments