Thursday, March 31, 2016

Kenapa Saya Berpikir Survei Online YouGov Penipuan

Berawal dari kunjungan ke salah satu blog tetangga, yaitu portal-uang, saya menemukan sebuah artikel menarik tentang survei online (yougov). Di sana, segala hal tentang survei online dan yougov di bahas dengan sangat baik dan terus terang membuat saya tertarik untuk mencoba. Apalagi kemudian ketika saya mencoba mencari tahu apakah situs yougov ini merupakan salah satu situs scam (penipuan) atau bukan, ternyata hal yang saya temukan benar-benar bersih. Tidak ada satu pengguna internetpun yang mengeluhkan bahwa situs ini scam, justru lebih banyak ditemukan situs-situs yang mengungkapkan cara pendaftaran serta lampiran bukti pembayaran dari yougov.
Situs Resmi : Yougov

Pendaftaran Yougov
Tidak ditemukannya bukti/laporan scam (penipuan) dari situs ini membuat saya pada akhirnya tertarik untuk mendaftar pada akhir desember 2015 yang lalu. Kemudian mulai melakukan survei selamat datang (welcome survey) dan memperoleh beberapa ratus poin. Setelah melakukan survei selamat datang,  di katakan bahwa hal yang harus kita lakukan berikutnya hanyalah menunggu survei datang.

Indikasi Scam (Penipuan)
Dari sumber bacaan saya, dikatakan bahwa biasanya setiap satu hari akan ada beberapa survei yang bisa kita kerjakan. Tapi pada kenyataan nya, berdasarkan apa yang saya alami, ternyata sangat jarang sekali undangan survei dari yougov itu datang (awal-awal sih sering). kadang seminggu sekali bahkan bisa sampai sebulan sekali. Itupun tentu dengan poin yang hanya senilai 25 sampai 100 poin saja, atau senilai 0,12 sampai 0,5 USD. Jadi, kesimpulannya adalah, ini akan membutuhkan waktu bertahun-tahun agar bisa Payout dari Yougove. Sebab nilai withdraw dari yougov adalah 5000 Poin atau senilai 25 USD.

Aktivitas Akun Yougov

Terkait dengan frekuensi undangan survei dari yougov ini, sumber bacaan saya mengatakan bahwa kita bisa melakukan beberapa tips dalam mengikuti survei online agar kita lebih sering memperoleh undangan survey. Beberapa Tips tersebut antara lain sebagai berikut :
  1. Selalu isi survey dengan sungguh-sungguh. Walaupun jawabannya Anda tidak tahu, namun di usahakan Anda terlihat serius mengisi survey agar terlihat relevan dengan topik survey tersebut.
  2. Usahakan jangan terlalu cepat mengisi survey. Jangan asal klik selanjutnya.
  3. Diusahakan, setelah menerima email. Anda langsung mengisi, walaupun sebenarnya tidak ada kata terlambat mengisi survey. Namun lebih cepat Lebih Baik.
  4. Setelah Anda bisa ke tiga hal diatas. Survey akan datang sering sekali kepada Anda. Karena YouGov beranggapan Anda orang yang cocok memiliki kredibelitas dalam mengisi survey.
Tapi dari pengalaman saya, dalam mengikuti survei ini, sebenarnya tips-tips tersebut tidak terlalu bekerja (tidak bekerja). Bisa kalian lihat pada gambar, bahwa survei terakhir yang pernah saya isi adalah sekitar akhir Februari.

Aktivitas Yougov

Jadi, sampai tahap ini, sebenarnya yang saya maksud sebagai penipuan adalah bukan dari situs yougovenya, melainkan dari sumber-sumber bacaan yang saya baca. Terkait dengan penipuan atau tidaknya situs yougov itu sendiri, saya masih belum punya hak untuk menilainya, sebab saya tidak pernah mencapai 5000 poin.

Benarkah Yougov Membayar
Karena saya belum pernah mencapai 5000 poin dari situs ini, saya tidak bisa mengatakan apakah situs ini benar-benar membayar atau tidak. Tapi jika kita asumsikan bahwa orang-orang yang mengaku menerima pembayaran dari Yougov ini benar-benar menerima pembayaran, maka pertanyaan berikutnya yang perlu kita teliti adalah darimana mereka memperoleh poin hingga mereka bisa mencapai poin 5000 hanya dalam beberapa  minggu?
Paypal dari Yougove
Sebenarnya jawaban paling memungkinkan adalah karena, mereka memperoleh poin dari jalan lain, yaitu dari mengajak orang lain untuk mendaftar di yougov. Setiap orang yang mendaftar di yougove hingga menyelesaikan beberapa survei (selain survei selamat datang). Mereka yang mengajak akan meperoleh poin tambahan senilai dengan 200 poin atau sekitar 1 USD. Jadi, jika ada 25 orang saja mendaftar dan menyelesaikan survey selamat datang melalui link yang dia berikan, maka dia bisa mencapai 5000 poin.

Kesimpulan Terakhir
Menurut saya pribadi, survei online ini sangat tidak menjanjikan. Jelas sangat sulit mengumpulkan dolar dari situs ini. Kecuali tentunya, jika kita bisa mengajak banyak orang untuk mendaftarkan diri di situs ini. Tapi saran saya, sebaiknya jangan. Tulislah dan ceritakan kenyataan serta ajaklah orang lain jika itu memang sesuatu yang baik. Jika tidak, maka jangan.

Bagaimana dengan kalian, apakah pengalaman kalian bersama survey online dari yougove ini seperti pengalaman yang saya alami? Silahkan berikan komentar kalian. Tapi tolong jangan ngebully saya, sebab disini saya hanya berusaha menyampaikan fakta (pengalaman) yang saya alami.
Load disqus comments

0 comments