Monday, June 27, 2016

Perjalanan Pertama saya di dunia Blog

Tahun 2009, Saat itu adalah masa-masa sulit, sebab saya hanya mengembangkan sebuah blog melalui ponsel seluler saja. Ponsel yang saya gunakan adalah ponsel standar dari Nokia dengan OS symbian S602 yaitu Nokia 7610 (HP daun). Ponsel ini sangat-sangat tidak canggih jika dibandingkan dengan ponsel jaman sekarang. Sehingga tidak heran, banyak sekali kesulitan-kesulitan yang harus saya hadapi hanya demi memiliki sebuah blog. Beberapa kesulitan itu misalnya :
  1. Browser internet masih berkualitas rendah. Tidak ada istilah sebuah halaman di kompres terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Sehingga data yang diunduh dalam menampilkan sebuah halaman website benar-benar jumlah data yang sebenarnya. Tidak ada juga javascript, sehingga ponsel sulit menampilkan halaman-halaman (tunda) yang menampilkan hitungan mundur di situsnya (misal hitung mundur 5 detik di adfly). Kemudian, browser juga hanya bisa menampilkan halaman mobile (bukan halaman PC).
  2. Pengembang situs (admin blog/web/situs) pada umumnya hanya fokus membangun tampilan situs mereka untuk ditampilkan di PC. Sehingga saat situs diakses melalui HP, situs tersebut umumnya tidak bisa diakses, membutuhkan loading yang lama, serta tampil secara berantakan, atau perpaduan dari hal-hal tersebut.
  3. Sulit dalam mengupload sebuah file ke internet, sebab HP pada umumnya tidak support dengan hal itu. Padahal hal ini cukup penting, misalnya saja untuk upload foto profil, foto postingan atau semacam itu.

Internet di ponsel pada saat itu memang benar-benar tidak bisa diandalkan. Sehingga saya sendiripun tidak pernah sama sekali berniat untuk membuat blog, akun-akun situs, atau apapun terkait dengan internet. Bahkan browsing (mencari informasi) saja sulit.

Browser Terbaik Muncul
Browser internet di ponsel mengalami perkembangan yang sangat signifikan ketika operamini pertama kali muncul di OS Java. Browser tersebut mampu menampilkan halaman situs layaknya tampilan PC. Sehingga seolah-olah HP adalah PC itu sendiri. Ditambah dengan loading yang sangat ringan dan cepat sebab data yang akan ditampilkan di kompres terlebih dahulu hingga benar-benar kecil.

Operamini membawa dampak yang sangat besar bagi saya di  dunia internet. Dari sana, saya mulai bisa membuat berbagai akun di internet, seperti E-mail, facebook, friendster, dan berbagai situs yang lain. Saya menjadi cukup sering browsing di internet untuk menemukan berbagai informasi. Hingga pada akhirnya, saya cukup kaget dengan sebuah situs yang berisi tentang diari-diari sederhana yang ditulis oleh seseorang. Namun itu menyadarkan saya, bahwa artinya, saya juga bisa menulis/membuat sesuatu di internet. dan begitulah, akhirnya saya mengenal istilah Blog.
Baca : Cara Membuat Blog di Internet

Blog Pertama Saya
Blog pertama yang saya buat bukanlah blog pelajarterbaik, melainkan sebuah blog sederhana berisi kisah hidup dan kisah tentang sekolah saya (Tahun 2009). Tujuan menulis tersebut pada awalnya cukuplah jelas, yaitu agar ketika seseorang mengetikkan nama saya di Internet, tidak ada lagi kalimat : Pencarian Tidak Ditemukan. Saat itu saya berpikir bahwa, sangat keren ketika nama kita bisa ditemukan di internet. Rasanya seperti artis. :D

Tampilan Blogger

Menulis diary, cukup menarik pada awalnya. Namun pada akhirnya aktivitas tersebut tenggelam karena kesibukan di dunia nyata. Belum lagi karena perkembangan pemikiran menjadi lebih dewasa, rasa malu dan sejenisnya, banyak artikel yang kemudian di hapus. Bahkan blog itu sendiri.
Load disqus comments

0 comments